Dua Ketua MUI Sulsel Akan Mengikuti Pertemuan IVLP di Amerika Serikat

terkiniid_img-20220513-wa0045-696x385-2.jpg

MAKASSAR||Benuasulsel.com–Dua pengurus MUI Sulsel berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti pertemuan The Internasional Visitor Leadership Program (IVLP). Pertemuan pemimpin lintas agama ini dijadwalkan Jumat 13-27 Mei 2022.

Mereka yang berangkat: Ketua MUI Sulsel Bidang Kerukunan Umat Beragama Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain M Si yang juga rektor UIM Makassar dan Ketua Komite Dakwah Khusus MUI Sulsel KH Masykur Yusuf MAg yang juga imam Masjid Al Markaz Al Islami Jend Jusuf.

“Kami akan berdialog dengan pemimpin lintas agama dari beberapa negara di dunia. Jadi, pesertanya tidak saja dari pemimpin Islam tetapi juga dari agama lain,” kata Majdah, ketua Muslimat NU Sulsel, tersebut dalam keterangan tertulisnya kepada media, Jumat (13/5/22).

KH Masykur Yusuf MAg (kiri), Prof KH Nasaruddin Umar MA, Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain M Si, dan Agus Arifin Nu’mang (kanan) di Jakarta saat hendak ke Amerika Serikat, Jumat (13/5/22)
Majdah juga menerangkan bahwa nantinya selama berada di Amerika, dirinya bersama dengan para pemimpin lintas agama lainnya akan mengikuti seminar dan workshop tentang kepemimpinan. Kemudian juga akan berkunjung ke Gedung Putih dan beberapa kampus serta dan membangun jaringan kerja sama dengan NGO di Amerika Serikat.

Informasi yang dihimpun, tercatat 25 tokoh sebagai delegasi Indonesia untuk forum IVLP. Dr Majdah dan KH Maskur Yusuf termasuk di antaranya. Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA yang memimpin delegasi.

Majdah mengaku senang bisa menjadi wakil Indonesia dalam forum internasional itu. “Berharap forum ini akan menambah wawasan dan berbagi pengalaman bersama semua delegasi bagaimana membangun moderasi beragama di Indonesia.”

Selama di AS, delegasi program IVLP akan melakukan pertemuan dan serangkaian kunjungan di sejumlah lembaga.

Di Los Angles berkunjung ke IMAN Cultural Center, Muslim Public Affairs Council, dan ke University of Southern California Center for Religion and Civic Culture and American Muslim Civic Leadership Institute.

Di San Francisco akan mengunjungi dan berdiskusi di The Graduate Theological Union at Zaytuna College, St Ignatius College Prepatory School.

Sedangkan di Washington DC ke Islamic Society of the Washington Area and Civilizations Exchange and Education Foundation mapun ke All Dulles Area Muslim Society (ADAMS) Center serta ke American Islamic Heritage Museum and Masjid Muhammad.

Delegasi IVLP IPIM juga diagendakan bertemu dan diterima Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Washington DC ujar Majdah Ketua Umum IPIM, Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA menjelaskan sejumlah Alumni IVLP se-Indonesia kembali mendapatkan kesempatan ke AS tindaklanjut dari program yang diselenggarakan atas kerja sama antara Pimpinan Pusat IPIM dengan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

“Sejumlah anggota delegasi yang ditetapkan ditugaskan untuk mengikuti program kunjungan alumni IVLP di Amerika Serikat yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-29 Mei 2022,” kata Prof Nasaruddin.

Kabag Humas dan Kerja Sama Universitas Islam Makassar dr Wachyudi Muchsin SH MKes menyampaikan, rombongan berangkat dari bandara International Soekarno Hatta Jakarta turut mengantar Agus arifin Numang Wakil Gubernur Sulawesi Selatan periode 8 April 2008 hingga 15 Februari 2018 bersama keluarga rombongan yang akan berangkat ke Amerika.

“Sebuah kesyukuran civitas akademik UIM karena Rektor UIM DR Ir Hj Andi Majdah M Zain M.Si merupakan satu-satunya pimpinan perguruan tinggi Islam yang dipercaya menjadi bagian dari delegasi program lanjutan International Visitor Leadership Program (IVLP) berkunjung ke negara adidaya Amerika Serikat,” katanya.(Red)

Sumber : MUI Sulsel

(Visited 58 times, 1 visits today)
Muhammad Rustan Salam

Muhammad Rustan Salam

Media Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top