*Gol Injury Time dari Pemain Pengganti Ini Antar Inggris ke Final Euro 2024*

Screenshot_20240711_094539.jpg

Benuasulsel.com-Inggris kembali menjejakkan kakinya di laga final pada turnamen mayor sekelas Piala Eropa (Euro Cup). Seperti diketahui, pada Euro 2020 lalu, Inggris sukses bermain di final. Namun, Tim Tiga Singa ini (julukan Inggris) harus kalah dari Italia melalui adu penalti.

Pada Euro 2024, Inggris kembali melangkah ke final setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1. Gol penentu kemenangan Inggris dicetak Ollie Watkins di masa injury time, tepatnya pada menit 90+1. Sebelumnya, Belanda unggul terlebih dahulu melalui gol Xavi Simmons pada menit ke-7. Harry Kane menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat titik putih.

Laga Inggris kontra Belanda berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (10/7/2024), waktu setempat atau Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Kedua tim memperlihatkan penampilan yang cukup seimbang di awal-awal permainan.

Baik Ingggris maupun Belanda, keduanya menurunkan para pemain terbaiknya. Sebut saja Harry Kane, Jude Bellingham, Phil Foden, Kyle Walker, dan John Stones di pihak Inggris. Sementara Belanda mengandalkan Denzel Dumfries, Virgil Van Dijk, Memphis Depay dan Cody Gakpo.

Kendati berjalan cukup berimbang di awal-awal permainan, namun secara keseluruhan Inggris tampak mendominasi penguasaan bola, 60 persen berbanding 40 persen. Hal ini diperkuat juga dengan data jumlah tembakan ke arah gawang. Di mana Inggris melepaskan 9 tembakan dengan 4 di antaranya mengarah tepat ke gawang.

Sementara Belanda hanya mampu melepaskan 6 tembakan, dengan 3 di antaranya mengarah tepat ke gawang Inggris. Data-data ini menunjukkan bahwa Inggris memang layak menang dan melangkah ke final. Pada laga final nanti, Spanyol sudah menunggu.

Jalannya pertandigan sendiri berlangsung alot dan sangat terbuka. Jual beli serangan pun tidak terelakkan. Keasyikan menyerang, Inggris dikejutkan oleh gol cepat Simmons menit ke-7. Gol ini tercipta sangat indah karena diawali dengan giringan bola sebelum Xavi Simmons melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan ke arah gawang.

Tertinggal 0-1, Inggris terus meningkatkan intensitas serangan. Upaya ini akhirnya berhasil. Inggris sukses menyamakan kedudukan lewat gol penalti Kane pada menit ke-18. Penalti diberikan wasit Felix Zwayer usai Kane dilanggar di area terlarang. Sebelumnya wasit melihat VAR.

Selepas gol penyama kedudukan tersebut, Inggris tidak menurunkan tempo. Sebaliknya, makin meningkatkan intensitas serangan. Upaya ini terbukti sangat bagus buat Inggris untuk mencari gol tambahan. Beberapa kali Foden hampir menciptakan gol lewat aksi-aksinya. Namun, upaya ini belum berhasil. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Belanda mencoba keluar menyerang. Upaya ini hampir saja membuat Belanda unggul melalui Virgil Van Dijk. Kapten Belanda ini sukses melepaskan tendangan keras. Hanya saja tendangannya mampu ditepis kiper Inggris, Jordan Pickford.

Sebenarnya Inggris mampu mencetak gol melalui Bukayo Saka setelah melakukan kerja sama apik dengan Kyle Walker pada menit ke-79. Namun, gol ini dianulir wasit, karena Walker sebelum mengirim umpan ke Saka sudah lebih dulu berada pada posisi offside.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, akhirnya mengambil keputusan penting dengan menarik keluar Harry Kane, dan menggantinya dengan striker Ollie Watkins. Keputusan ini terbukti tepat, karena Watkins mampu menjawab kepercayaan pelatih dengan mencetak gol kemenangan yang meloloskan Inggris ke final pada masa injury time, menit ke-90+1. (LHr#)

(Visited 5 times, 1 visits today)
Muhammad Rustan Salam

Muhammad Rustan Salam

Media Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top