Baznas Kota Makassar Prihatin dan Bantu Korban Kebakaran Aspol Perintis Veteran Selatan

31-8-696x464-1.jpg

MAKASSAR||Benuasulsel.com-Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar, HM.Ashar Tamanggong didampingi Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, H.Jurlan Em Saho’as saat terjun langsung di lokasi korban bencana kebakaran Aspol Perintis Polda Sulsel Jl. Veteran Selatan Mamajang Makassar.

Kehadiran Baznas Kota Makassar di lokasi kebakaran Aspol Perintis adalah untuk menyerahkan bantuan uang tunai dan beras kepada korban kebakaran Asrama Polisi (Aspol) Perintis di Jalan Veteran, Kecamatan Mamajang. Bantuan diserahkan pada Rabu, 27 April 2022, petang.

Di tengah tengah para korban, HM.Ashar Tamanggong mengaku, lembaga pemerintah nonstrukural yang dipimpinnya sangat prihatin atas musibah naas itu. Karenanya, pihaknya turun langsung untuk menyerahkan bantuan berupoa uang tunai, dan beras.

Menurutnya, bantuan tersebut berasal dari Zakat, Infak, dan Sadakah (ZIS) Polres Pelabuhnan Makassar. Sebelumnya pada Senin, 25 April, BAZNAS telah menyerahkan bantuan uang tunai kepada empat anggota Polres Pelabuhan Makassar yang rumahnya juga ikut dilalap si jago merah di lokasi yang sama, pada Rabu, 20 April lalu.

“Benar, bantuan yang kami salurkan kepada korban kebakaran di Aspol Perintis Jalan Vetaran ini berasal dari ZIS pimpinan dan anggota Polres Pelabuhan Makassar. Jajaran Polres Pelabuhan Makassar menyerahkan ZIS kepada BAZNAS Kota Makassar. BAZNAS kemudian menyerahkan kembali kepada korban kebakaran di Aspol ini,” ujarnya.

Pria Makassar, kelahiran Takalar ini juga mengucapkan terima kaish kepada para donatur, atau para Muzakki, utamanya jajaran Polres Pelabuhan Makassar yang telah menyerahkan donasi berupa zakat, infak, dan sadakah ke BAZNAS.

“Jadi, paling tidak, donasi dari para Muzakki yang diberikan ke BAZNAS, paling lama lima hari langsung disalurkan kembali kepada mereka yang betul betul berhak menerima. BAZNAS berpegang teguh kepada delapan asnaf yang berhak menerima, sehingga bantuan yang kami berikan benar benar tepat sasaran,” tambah ATM-sapaan akrab Ashar Tamanggong.

Pernyataan senada dikemukakan HM.Jurlan Em Saho’as. Jurnalis yang juga Sutradara Film Air Mata Jendi ini menambahkan, sebelum penyerahan bantuan uang tunai dan beras, usai kebakaran, BAZNAS telah menurunkan tim BAZNAS Tanggap Bencana untuk membantu para korban, dnegan cara membuka dapur air.

Menurutnya, BAZNAS Kota Makassar selalu hadir di tengah tengah masyarakat, dalam keadaan suka maupun duka. “Jadi, selain korban kebakaran, BAZNAS juga membantu masyarakat kurang mampu, beasiswa, bantuan modal usaha, sunatan massal, kesehatan, dan lainnya. Hanya saja, bantuan bantuan tersebut tidak diberikan serampangan, melainkan melalui proses asesmen.

Komandan BTB BAZNAS, Junaidi (baju oranye)
Seperti diketahui, kebakaran Aspol Perintis itu menghanguskan 32 rumah petak rumah itu diduga akibat gas kompor mengalami kebocoran, Musibah naas itu terjadi menjelang buka puasa sekira pukul 17.00 wita (sore). Untuk korban terdampak, sebanyak 32 Kepala Kepala dengan 172 total jiwa. (WHB#)

(Visited 18 times, 1 visits today)
Muhammad Rustan Salam

Muhammad Rustan Salam

Media Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top